Kualitas menjadi salah satu persyaratan pelanggan yang perlu menjadi perhatian setiap bisnis. Aspek ini menjadi salah satu aspek utama yang berperan berar dalam kesuksesan dan perkembangan bisnis suatu perusahaan. Artikel ini akan membahas standar yang dapat membantu organisasi mengelola kualitas secara efektif dan efisien. Simak pembahasan lengkapnya!
Contents
Apa itu ISO 9001:2015?
Standar ISO 9001 adalah standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen kualitas (Quality Management System), baik untuk produk, jasa, ataupun layanan perusahaan atau organisasi. Standar ini diterbitkan oleh international standardization of organization (ISO), badan standarisasi dunia yang bertanggung jawab mengembangkan standar untuk berbagai industri dengan mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.
ISO 9001 (Quality Management System – QMS) memberikan standar, kerangka kerja atau panduan bagi organisasi untuk mengimplementasikan dan meningkatkan sistem manajemen mutu secara efektif dan berkelanjutan. Organisasi yang mengimplementasikan standar ini dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal mutu produk maupun jasa yang dihasilkan.
Jika perusahaan ingin menjamin dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, maka standar ISO 9001 ini menjadi solusi dan rekomendasi terbaik. Perlu diketahui juga bahwa ISO 9001 merupakan salah satu standar ISO terpopuler dan paling banyak digunakan perusahaan di dunia. Standar ini dianggap handal dan dapat membantu meningkatkan citra perusahaan dimata klien maupun kepercayaan pelanggan.
Selain itu, saat ini ISO 27001 sebagai standar sistem manajemen keamanan informasi, semakin mendapatkan perhatian dan menjadi topik perbincangan di kalangan perusahaan ternama. Standar ini tidak hanya dianggap sebagai pedoman penting untuk melindungi informasi perusahaan, tetapi juga sebagai syarat yang semakin banyak dicari oleh berbagai industri, terutama teknologi dan keuangan.
Persyaratan ISO 9001
ISO 9001:2015 menetapkan sejumlah persyaratan utama terkait implementasi dan pengelolaan sistem manajemen mutu di perusahaan, yaitu:
Konteks Organisasi (Perusahaan harus memahami faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi tujuan mutu dan bisnis, termasuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pihak terkait lainnya).
Kepemimpinan (Manajemen puncak harus menunjukkan komitmen terhadap sistem manajemen mutu, dengan memberikan arahan strategis dan memastikan integrasi ISO 9001 ke dalam proses bisnis).
Perencanaan (Perusahaan harus merencanakan tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang yang mungkin mempengaruhi pencapaian tujuan mutu. Termasuk menetapkan tujuan mutu yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART)).
Dukungan (Perusahaan harus memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan, termasuk pelatihan, infrastruktur, dan lingkungan kerja yang mendukung pencapaian sistem manajemen mutu).
Operasional (Proses produksi atau layanan harus dikendalikan dengan baik, mulai dari perencanaan hingga pengiriman. Termasuk pengendalian dokumen, pemantauan proses, dan evaluasi kualitas).
Evaluasi Kinerja (Perusahaan harus memantau, mengukur, dan mengevaluasi kinerja QMS secara berkala untuk memastikan efektivitas dan kesesuaiannya dengan tujuan perusahaan. Termasuk melakukan audit internal dan tinjauan manajemen).
Perbaikan (ISO 9001 menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan QMS-nya melalui tindakan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi kinerja, audit, serta umpan balik pelanggan).
Pentingnya Implementasi ISO 9001
Dalam mengimplementasikan standar ISO 9001, organisasi dituntut untuk:
- Menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk serta layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif, termasuk proses perbaikan sistem serta jaminan kesesuaian dengan persyaratan pelanggan dan undang-undang dan peraturan yang berlaku.
Dengan mengimplementasikan standar ini, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko kesalahan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Implementasi ISO 9001 juga berkontribusi dalam membangun reputasi bisnis yang terpercaya di pasar global.
Manfaat ISO 9001:2015
Berikut sejumlah manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang sudah menerapkan standar ISO 9001 diantaranya:
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan
- Menjamin kualitas produk dan proses bisnis
- Meningkatkan produktivitas perusahaan
- Meningkatkan motivasi, moral serta kinerja karyawan
- Menjadi alat analisa kompetitor perusahaan
- Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok kepentingan
- Dapat meningkatkan cost efficiency dan keamanan produk
- Meningkatkan komunikasi internal
- Meningkatkan citra positif perusahaan dimata konsumen
Segera konsultasikan kebutuhan implementasi dan sertifikasi ISO di Perusahaan Anda. Dapatkan layanan konsultasi sistem manajemen dan IT bersama tenaga ahli berpengalaman di bidangnya. Kunjungi website Madhava Technology untuk informasi layanan atau hubungi kami!